ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN (BIO435) (TIAP SENIN, 24 AGS.-30 NOV.2015)
(ILING )

Tahukah Anda mengapa Ilmu Lingkungan (yang secara salah kaprah puluhan tahun bernama Pengetahuan Lingkungan) dibelajarkan kepada mahasiswa? ilmu ini dibelajarkan dengan maksud agar mahasiswa dapat memahami berbagai persoalan dalam lingkungan (baik lingkungan global, regional, nasional maupun lingkungan lokal) dan berbagai prinsip pencegahan dan pengatasan berbagai persoalan lingkungan tersebut. Pada gilirannya, persoalan lingkungan yang meningkat akan dapat dikurangi dan bahkan ditiadakan. Oleh karena itu, para mahasiswa harus senatiasa mencari isu terbaru mengenai berbagai persoalan lingkungan dan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangannya yang senantiasa akan mereka hadapi dalam kehidupan ini. Bahkan mahasiswa sebagai agent of change harus senantiasa mencari upaya dalam menanggulangi berbagai persoalan lingkungan dan upaya baru yang dapat mereka usulkan sehingga beban masyarakat berkurang. Oleh karena itu, para mahasiswa akan diperkenalkan model pembelajaran yang tidak hanya menggunakan diskusi-persentasi/SEMINAR tapi mereka memulai langkah baru untuk menggunakan model project-based learning atau research-based learning (RBL). RBL merupakan upaya mahasiswa dalam mencari masalah, mengkajinya secara teoritis, mencari jawaban di lapangan dengan metode yang dipelajari, melaporkan hasil dan membahasnya, dan menarik simpulan dan saran serta yang terakhir mempresentasikan di depan kelas serta merevisi dan membuat laporan diskusi. Model ini telah dan sedang Anda lakukan dalam mengumpulkan dan mengerjakan tugas kelompok mingguan. Oleh karena itu, tugas ini kerjakan dengan senang hati dan biasakan cepat dan tepat waktu dan mengikuti perkembangan mutakhir dari berbagai jurnal internasional (yang banyak) dan jurnal nasional dalam rangka menulis makalah tersebut.